Thursday 15 October 2009

my own way

aku dinilai berbeda... au sadar... sangat sadar.
Segala hal yang mereka anggap berbeda itu adalah caraku. my own way

aku dinilai manja... aku terlalu kekanak kanakan. aku dianggap tidak dewasa. karena ditinggal beberapa hari oleh ibuku saja aku sudah merengek. mereka meniilai ku aneh, tapi aku menilai itu adalah caraku untuk membatasi diriku.

perhatikan hai ini baik-baik.
setiap orang tua memiliki metode untuk membuat anaknya agar anaknya tidak terjerumus ke jalan yang salah. ada dua metode yang selama ini aku pantau. yang pertama, saat orang tua melarang anaknya, mengekploitasinya, sehingga anaknya merasa begitu terkekang, sampai ia mencari konsesus-konsesus dengan sendirinya. anak akan merasa terkekang sehingga saat dimana orang tua tidak mengacu perhatiannya pada sang anak, sang anak akan mencari sesuatu yang dilarang orang tua. aku paham betul dalam diri mereka akan timbuyl rasa dimana mereka akan bertanya dalam dirinya sendiri...
apa yang orang tuanya larang? seperti apa larangan yang dilanggarnya itu? apa yang akan terjadi kalau ia akan melakukan hal yang dilarang itu? akhirnya sianak akan gterlibat jauh dalam arti kebebasan. ia akan merasa betapa nikmatnya suatu kebebasan sehingga ia akan terlarut dan karena dirinya yang labil ia terjerumus yang tidak-tidak.

cara kedua, saat orangtua memberi kebebasan pada seorang anak, memberi kepercayaan penuh. hal ini belum tentu baik. pada kenyataannya anak jadi merasa kurang diperhatikan. sehingga ia akan melakukan apapun yang ia anggap akan memusatkan perhatian orang tuanya pada dirinya.

cukup di pahamikah metode tersebut?

lalu aku aku memilih metode ku sendiri. selama ini orang tua yang selalu memberi metode bukan? lalu aku akan membalik semua itu. aku berusaha untuk memanjakan dirku sendiri. memberi cara-cara yang berbeda. menjadikan diriku tetap menjadi anak-anak. aku suka itu, karena sampai sekarang aku masih baik-baik saja. tidak melompat terlalu jauh atau terdiam terlalu lama. au memang bertingkah seperti anak-anak, tapi dalam menghadapi masalah yang ada dalam hidup ku aku mendewasakan diriku. aku senang saat seseorang mengajakku curhat, maksudku curhat padaku. ada sebuah kebanggaan. saat seperti itu lah aku berusaha mendewasakan diriku sendiri. menyenangkan... selama ini metode itu terbukti padaku. saatnya membalikan dunia ku dengan caraku sendiri. toh, hal itu sah-sah saja. bukan hal yang haram kan?

_RedRose

No comments:

Post a Comment

Terimakasih karena telah menjadi saksi bisu...